Senin, 14 Juli 2008

Kampanye Pemilu 2009 ( MaKe a GrEEn cAmpAign )

Dikutip dari pernyataan KPU dalam situs resmi depkominfo bahwa masa kampanye Pemilu 2009 berlangsung dalam 3 hari setelah penetapan nomor peserta partai pemilu, sehingga dapat diringkas secara singkat, masa kampanye peserta pemilu 2009 dilakukan 8 Juli 2008 s/d 2 April 2009 selama 9 bulan.

Yang bikin perhatian gw, kenapa masa kampanye musti sepanjang itu?. Selama ini kampanye pemilu di indonesia selalu indentik dengan suasana hiruk-pikuk massa yang berorasi melakukan long march dan kerumunan pendukung partai yang memadati suatu daerah tertentu, sudah bisa dibayangkan kegiatan itu dilakukan di tiap hari dan sepanjang tahun ini.... Beberapa kota besar pada keadaan normal saja, macet merupakan keadaan yang biasa tiap harinya dan bisa dipastikan macet aku bertambah parah apabila disertai kampanye para partai politik dan itu bisa saja terjadi dalam 9 bulan kedepan dan terjadi bisa saja tiap hari. Selain kemacetan, polusi bisa dipastikan bertambah besar dalam setahun kedepan dan dapat pula dipastikan upaya pemerintah dalam penghematan energi akan kacau karena hal ini, bagaimana tidak jika untuk berkampanye para partai politik melakukan long march, turun ke jalan-jalan ( berpawai keliling kota ) mereka menggunakan kendaraan berbahan bakar dengan segala polusi udara yang dihasilkan belum lagi sampah-sampah yang dihasilkan dari kampanye - kampanye tersebut.

Untuk itu, hendaklah para partai politik peserta pemilu 2009 yang terhormat, buat lah sebuah kampanye yang ramah lingkungan ( Nah lo.... sekarang bukan teknologi aj yang ramah lingkungan ), buatlah kampanye yang mendidik masyarakat, kampanye jangan cuman mengumbar kesenangan sesaat dan janji-janji politik ( janji2 politik merupakan omong kosong biasa ). Beberapa Green Campaign yang bisa dilakukan adalah pendekatan mahasiswa dengan mengadakan dialog-dialog khusus, program2 layanan masyarakat ( penanaman pohon bersama, pengasapan DBD, penyuluhan kebersihan lingkungan dll ). Dan kampanye-kampanye lainnya yang hemat energi dan mendidik.

Hendak nya ini juga menjadi pertimbangan bagi masyarakat para pemilih, jangan tertipu oleh janji2 politik, pilih parpol yang memberikan efek2 positif terhadap lingkungan sekitar and use your voice effectively....

mAke A gReen cAmpaIgn n peace out.... ^^


3 komentar:

Anonim mengatakan...

waduh kykna susah klo para parpol kudu mewujudkan suasana kampanye yg gak berbau"kesenangan sesaat dan janji politik".bisa2 ga kepilih mereka jd presiden(peace^^).krn kesenangan itulah yg jadi target utama bg mereka agar dpt suara terbanyak, lha yg jadi target mereka kebanyakan masyarakat gol kecil.

buat masyarakat klo bs jgn mau ma iming2 spt itu, kta bsa sng hnya 1 hari, kedepane mlah susah..., krn janji2 parpolnya ga terlealisasi.

buat yg punya blog ni klo nulis pelan2 biar tulisane bnr semua :P

kRucIaL mengatakan...

zZz... tulisane banyak yang salah yah! >,< musti cepet2 tulis takut ide2 nya keburu lari... wkwkwkwkw... km aj lah yang jadi asistenku bwat periksa kesalahan penulisan!!!
wkwkwkw... peace ^^v

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 mengatakan...

--------------------------
°°°°°°°°°°°°|\ I
°°°°°°°°°°°°|_\
°°°°°°°°°°°°|__\
°°°°°°°°°°°°|___\
°°°°°°°°°°°°|____\
°°°°° °°°°°°°|_____\
°°°°°°°°°°°°|______\
°°°°°°______|_______________
~~~~\ ____________________/~~~~
,.-~*´¨¯¨`*•~-.¸,.-~*´¨¯¨`*•~-.¸,.-~*´¨¯¨`*•~-.¸,.-~* ¯´¨ ¨`*•~-.¸.. ....