Kamis, 24 Juli 2008

dOn+ fOrGet, " gIvEs BaCk... "

Akhir-akhir ini mulai seneng liat-liat iklan di tv, mulai banyak iklan2 di tv yang nggak hanya melulu " ngecap " soal produknya tapi mereka memberikan " real donation for better indonesia ". Setelah Pepsodent dengan program " senyum Indonesia, senyum pepsodent " sekarang giliran produk Kuku Bima Energi dan Tolak Angin, menghadirkan program " Laskar Mandiri ".

Mereka mengapresiasi pedagang jalanan, pengamen, penjual jamu keliling, pemungut sampah dan pekerjaan2 sektor informal lainnya yang termarginalkan. Diawali dengan berbagai kegiatan sosial yang dilakukan di beberapa kota di Indonesia. Produk ini berhasil memberikan tottaly gives back for us.

Walaupun masih kurang jelas bagaimana produk ini mengapresiasi para tenaga informal ini, tapi ini sudah merupakan suatu penghargaan yang sangat besar bagi para " pegawai jalanan " yang selama ini merasa tidak di hargai keberadaannya dan bahkan dianggap sebagai pengganggu, tetapi kehadiran mereka juga merupakan suatu keragaman indonesia, karena mereka juga merupakan bagian dari masyarakat Indonesia itu sendiri.

Langkah-langkah seperti ini lah yang semestinya banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahhan besar di Indonesia, untuk keuntungan besar yang selama ini mereka dapatkan tidak ada salahnya untuk " give back for better indonesia ". We really appriciated what this product do to give a real contribution....

thank you Kuku Bima energy dan tolak angin for helpin' us....

9 komentar:

nita mengatakan...

soal donasi juga bisa jadi teknik marketing yg baik buat sebuah produk. misalnya sekian rupiah dari setiap penjualan produk disumbangkan kpd pihak yg membutuhkan. hal ini bisa jadi daya tarik bagi pembeli utk membeli produk krn ada nilai sosialnya

btw thanks udah mampir di blogku:)

Anonim mengatakan...

tulisanya betul 2

hah jadi ga ngerti deh

tetep semangat friend

( bunkrink lagi )

Ivana mengatakan...

setuju buat mba' nita. Kalo soal gives back rasanya lebih berasa kalo tu perusahaan kasih beasiswa, kayak Djarum atau Sampoerna-lah...walau memang digembar-gemborkan (dasar narsis,hehehe...) supaya menutupi dosa karna bikin orang indonesia kena kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin,hehehe

kRucIaL mengatakan...

@kak nita
bener juga tuh, bwat perusahaan gede lainnya, kegiatan sosial juga merupakan teknik promosi yang baik.

@kak ivana
bener juga, gives back bakalan lebih kerasa dalam jangka panjang klo dialokasikan dengan cara yang lebih baik, tapi ap pun itu, dan sedikit ap pun itu sudah sangat membantu kok ^^

Kristina Dian Safitry mengatakan...

biarkan dunia luar tak menghargai para pegawai jalanan. yang pasti aku sangat menghargainya meski dengan sederhana,he..he...btw. txs atas kunjungan dan komennya ya? keep blogging.

pesisir-kidul mengatakan...

sepertinya perlu juga dicermati, bagaimana realisasi dari program2 donasi dan sejenisnya itu. benar-benar dilaksanakan gak, dan tepat sasaran gak.
jangan2 memang cuma strategi pemasaran dan branding aja dengan mengatasnamakan kepedulian sosial.
nah, kalau memang realisasinya jelas dan tepat sasaran, saya kita sekecil apapun patut dihargai..

laporan mengatakan...

Sudah sepantasnya seperti itu, mereka telah mengambil keuntungan maka memberi juga keuntungan kepada masyarakat, jadi take and give. Mungkin tidak seberapa misalnya pepsodent mengeluarkan program sosial itu paling berapa ratus juta. Tetapi keuntungan dan nama baik pepsodent berlipat ganda. Sama dengan kan promosi secara tidak langsung. Namun saya anggap program2 tersebut adalah positif. Semoga semakin banyak ditiru oleh perusahaan-perusahaan yang lain.

taliguci mengatakan...

sekarang lagi gencar-gencarnya comdev, bisa jadi, biaya-biaya itu diambilin dari dana comdev. sekali dayung, dua pulau terlampaui..

kRucIaL mengatakan...

@ kak kristina dian safitri
bener, kita harus menghormati pekerja jalanan, tp ga hanya itu juga kita harus berkontribusi juga...
@pesisir-kidul
soal realisasi... we'll see ajah! tp paling penting gimana program ini juga menjadi inspirational action bagi perusahaan2 lainnya.
@laporan
iy bener neh... coba aj semua perusahaan berpikir seperti itu...
@taliguci
comdev... mmmm... apapun caranya ya ng penting sudah membantu ok juga...