Kamis, 23 Oktober 2008

kEtiKa cInTa yG LaiN mEnYapA ?


Ketika saya menonton film berbagi suami ada satu adegan dalam salah satu scene di film itu yang membuat saya tertarik sekaligus tergelitik untuk tertawa, ketika pak haji ( El Manik ) yang memiliki 4 bahkan bisa lebih istri mengalami kerepotan, ketika ia jatuh sakit semua istrinya berebut untuk merawatnya, hingga suatu malam sebelum ia meninggal ia memutuskan untuk memberikan nasihat yang berharga kepada anak dari istri pertamanya ( winky wiryawan ) dan dengan tegopoh ia mengatakan, " satu... satu saja...!. "

Mungkin hal itu sama kali ya, dengan yang sekarang ini dirasakan oleh Da'i terkenal KH Abdullah Gymnastiar, setelah pernikahannya yang kedua dan memutuskan untuk berpoligami seolah semua yang telah didapatkan aa gym hilang, berawal dari jarangnya ia diundang untuk berdakwah di televisi sampai hancurnya kerjaan bisnis yang selama ini ia dirikan dengan susah payah. Terakhir saya dengar stasiun televisi dakwah milik aa gym MQ TV jatuh bangkrut dan menyisakan hutang yang besar. Apakah semuanya terjadi karena keputusan berpoligaminya?

Kedua, saya benar-benar terkejut ketika suatu hari saya melihat berita di televisi, ketika itu beritanya berkisar soal terpidana mati bom bali amrozi cs, ketika dalam salah satu wawancaranya ( dengan muka sok innocent ) ia ingin untuk menikah 2 kali lagi, Kemudian saya cari-cari di google dan saya semakin terkejut ketika menemukan berita bahwa baru bulan mei yang lalu amrozi telah menikahi istri keduanya...

Sebenarnya bagaimana sih poligami ini di Indonesia, negara tidak melarang praktek poligami ini, dalam UU tentang perkawinan negara mengizinkan untuk punya istri/suami lebih dari satu asalkan ada pesetujuan antara pihak-pihak yang bersangkutan. Didukung pula dalam hukum islam yang memperbolehkan untuk lelaki memiliki banyak istri selama dalam batas mampu dan adil, tapi bagaimanakah seorang manusia berlaku adil?...

Dalam wacana perempuan poligami merupakan praktek perwujudan pelampiasan nafsu lelaki dan menempatkan perempuan sebagai objek seksual belaka, dan tidak jarang banyak para istri yang berusaha menerima suaminya berpoligami karena keadaan ekonomi dan " rayuan surga " yang mengatakan wanita-wanita yang rela dipoligami adalah wanita calon penghuni surga.

Meskipun saya dari pihak yang paling diuntungkan dalam issue poligami ini tapi saya sangat tidak setuju dengan praktek yang menurut saya cuman pembenaran atas praktek ketidaksetiaan ini, lalu bagaimana menurut blogger lainnya?

41 komentar:

cahpesisiran mengatakan...

kalo aku, daripada berpoligami mending maen polipantai aja..
hwew hwe hwew...
*kabur..*

dua kali pertamina berturut turut, mana hadiahnya rek??

cantigi™ mengatakan...

issue bagus ini. saya setuju karena kRucIaL engga setuju. mantaffff bro.. ^_^

kRucIaL mengatakan...

@cahpesisian
wkwkwkwk... bener juga yah mendingan maen polopantai aj ^^
hah? hadiah ap? hadiah tonjok neh..wkwkwk... kasih ucapan makasih aj y mas, dah sering2 nungguin blogku ^^ * rayuan pulau kelapa mode on *

ABDEE NEGARA mengatakan...

setuju ma cahpesisiran...he..he...he..he..

fatamorgana mengatakan...

Sbg cewek, aku setuju bgt tuh sama pendapatmu. Semoga kamu terus punya opini kayak gini ya kalo udah married nanti (eh, jangan2 memang udah married nih. he heh..). Soalnya, kdg cuma di bibir doang, begitu liat yg lebih kinclong jadi lupa deh sama isteri.

ciput mardianto mengatakan...

klo pacar gonta -ganti mah udah wajar! tapi yang namanya istri, cukup satu untuk berbagi mengarungi hari di JalanNya untuk mendapatkan RidhoNya!

Artha mengatakan...

gimana yach?
kok puyeng juga nih berpendapat, klo kita mencintai dan berani mengambil keputusan untuk menikahinya yach saya sangat berusaha untuk menjaganya dcengan baik dan berusaha untuk menghilangkan keinginan menduakanya yang saya kira sangat berat namun klo ada tekad pasti bisa pikir saya dan itulah yang saya terapkan sampai sat ini dan semoga selamanya

eeda mengatakan...

Saya mah fair2an aja. Kl nanti nikah, ga akan ngasih izin sama misoa untuk poligami. Alasannya sih simple aja. Gw ini egois. Kl urusan yang satu itu, sori2 aje ye, gw ga bisa berbagi. Muke gile, cinte kok dibagi2? emang kue cucur...

Linda Rooroh mengatakan...

Anti poligami sejati.

'Korban' poligami calon penghuni surga ?! huaahaha... itu propaganda laki2 penganut poligami...

Bahkan Tuhan juga anti poligami, makanya untuk nabi adam cuman dibikinin satu siti hawa... hehehe...

Anang mengatakan...

cinta kita pada suami atau istri memang terbagi.. cinta terbesar harusnya cinta kita kepadaNya... tergantung niat menikah lagi sih saya pikirnya.. kalau memang untuk ibadah dan memang itu dibenarkan.. mengapa tidak.... hahahahaha

Ivana mengatakan...

salut pada krucial yang memutuskan untuk bermonogami. bagi saya pribadi, sebagai seorang wanita, saya tentu menentang keras poligami. mana ada wanita yang mau cintanya dibagi? tapi, bila diliat secara luasnya, saya menyadari bahwa poligami memang diiyakan oleh beberapa pihak makanya, sebagai jalan tengah, saya katakan bahwa," walaupun poligami tak dilarang, ingat-ingatlah wahai lelaki (halaah!!) bahwa monogami adalah hadiah terindah yang pernah diberikan oleh seorang suami pada istrinya."

Ifoel mengatakan...

POligami ma PR aja deh.. he..he..he..eh.. ambil di sini tugasmu n kerjakan ya..?? Salam Bloger

uNieQ mengatakan...

ga tau gmn hukumnya di Indonesia..yang jelas cc mahhh ga mauuu di poligamiiiiii huuuuuuuuuuuuuuu ogahhhhH!!!!

lhoo kok jd emosi gini ya??hahahhaha

nita mengatakan...

aku juga suka film berbagi suami itu. lucu sekaligus satir

soal poligami, bukankah agama mengajarkan kesetiaan dan pengekangan hawa nafsu?

sudah pasti aku gak setuju poligami. kasian dong kaum perempuan yg hidupnya sudah cukup berat di dunia ini: melahirkan dan membesarkan anak --jgn lagi ditambah dg derita diduakan bahkan diempatkan dg alasan apapun

Muhammad Qori mengatakan...

kasihan ya para wanita?

sejak dulu dijajah pria :+

tanya kenapa?

kRucIaL mengatakan...

@cantigi
apa ini maksudnya mas, setuju poligami? wah berarti musuh ini ^^

@ABDEE NEGARA
yuk lah main polipantai bareng!

@fatamorgana
hahahaha... aku pikirnya gw laki, mami aku cewek, kakak aku cewek dan banyak orang yang kusayangi cewek, bagaimana kalau ini terjadi pada mereka? *ga terima*

@mas ciput
AMien dah...

@Artha
Intinya klo dah siap nikah yah harus setia gt kan...

@mbak eeda
klo sampe suaminya mbak gt, potong aj mbak... lho heh potong apnya? ckckckc...

kRucIaL mengatakan...

@Linda Rooroh
idem mah, tp untuk wanita yang rela poligami propaganda itu berperan besar lho...

@mas Anang
yey, klo niat ibadah mah, aku tunggu klo ada yang maw berpoligami wanita janda yang tua, item, kucel, dijalanan... lha klo itu br gw salut ^^

@kak Ivana
bener2, monogami memang hadiah yang paling indah bwat perempuan keknya...

@Ifoel
Gubrak, ok deh PR nya daku ambil...thx!

@uNieQ
hahahaha...

@kak nita
berbagi suami lovers ^^

@mas Qori
kadang wanita nya juga yg mau dibodo2 in.... *peace mode on*

dee mengatakan...

"Saya berpoligami krn mengikuti Rasulullah.."

Pernyataan seperti itu menurut saya udah ga relevan. Rasulullah berpoligami saat perang, dan yg dinikahinya pun janda-janda tua dan perempuan yg membutuhkan uluran tangan. Bukan menikahi banyak kembang desa seperti yang sering terjadi sekarang ini.

say no to poligami!
tuh liat, salah satu pendapat seorang cowo di atas.. "kasihan ya para wanita? sejak dulu dijajah pria." Gitu deh benak cowo di zaman sekarang.. masih maukah cewe sekarang dijajah?

kRucIaL mengatakan...

@dee
iy bener, klo ad niat ibadah, tolong dikawinin dunk janda tua, item dipinggir jalan ntu, banyak kok disurabaya ^^

david mengatakan...

tw tergantung orgnya boss.kita gak bisa juga menilai jelek org melakukan poligami tersebut.bisa jadi di sebabkan sesuatu maka dia mao ngelakuinnya...klo istri yg pertama setuju maka tw gak jadi masalah.

kRucIaL mengatakan...

@david
emang nggak bisa kita ngejudge orang berpoligami jelek, tp setidaknya kita bisa mempertimbangkan efek negatif dan positifnya kan mas, klo secara nyata jelas negatifnya terlihat tp klo positifnya ga bisa dilihat secara realitas...

Panda mengatakan...

kalo Panda lebih baik mikir nyari duit sebanyak2nya daripada nyari istri sebanyak2nya :D

acy mengatakan...

satu istri aza suami2 udah pusing apalagi 2 istri. Adil itu yang bagaimana???belum tentu satu istri merasa diperlakukan adil apalagi 2??

Elys welt mengatakan...

yap bener tuh .... coba apa mau mereka yg pro poligami menikahi janda tua, item, kucel ?

Elys welt mengatakan...

yap bener tuh .... coba apa mau mereka yg pro poligami menikahi janda tua, item, kucel ?

Elys welt mengatakan...

yap bener tuh .... coba apa mau mereka yg pro poligami menikahi janda tua, item, kucel ?

Elys welt mengatakan...

yap bener tuh .... coba apa mau mereka yg pro poligami menikahi janda tua, item, kucel ?

Elys welt mengatakan...

yap bener tuh .... coba apa mau mereka yg pro poligami menikahi janda tua, item, kucel ?

Anang mengatakan...

nah itu dia.... sebenernya gitu. tapi dasar manusia suka membenarkan apa yang salah menyalahkan apa yang benr

fatamorgana mengatakan...

Kalau bisa berpikir, adik kita cewek, mami kita cewek terus (misalnya) diperlakukan tidak baik oleh suami mereka (suaminya poligami), itu tandanya kamu cowok yang baik (haallla jadi muji nih). Pertahankan terus ya sisi baik itu.

kRucIaL mengatakan...

Meth Weekend all...

@Elys welt
busyet komen ampe 5... heheheh...

@mas Anang
woh, tak pikir mas anang pengikut poligami juga ^^

@fatamorgana
hia... jadi2 malu...

richard mengatakan...

Elys welt telah melakukan poliposting :P

adinda andi anas mengatakan...

wah, saya blom nonton berbagi suami

saya liat waktu amrozi bilang mau nikah lagi, ck ck..udah pada edan kali ya?

astrid savitri mengatakan...

Nah, lelaki yg berpoligami pastinya begitu sombong krn mengandaikan dirinya adalah sang Nabi, sebab manusia yg mampu berlaku adil smp hr ini ya..cm sang Nabi!

Dlm hal ini, sy lebih suka Soeharto drpada Hamzah Haz ;)

mingto mengatakan...

enak yah kalau kita yang menjadi suami dengan istri yang baik seperti film berbagi suami. Enak banget...

Coba deh liat blogku, Aku sedang mengutarakan isi hatiku. hahaha

gus mengatakan...

hahaha...berbagi cinta? kayknya bakalan banyak yang emosional neh yang komentar. trutama bloggeratinya...hahhaa

Ernut mengatakan...

cuma bila dipikir2 (ihik..mikir nie..) taruhlah diantara lima pria pelaku poligami...sedikitnya ada pula lima perempuan yg pro poligami (yang adalah yang mau dipoligami itu)...mbulet ya?

Ersis WA mengatakan...

Hebta euy imajinasinya. Salam.

kRucIaL mengatakan...

@Ersis WA
Lho heh kok imajinasi >,<

bisaku mengatakan...

Aku emang dari dulunya gak setuju. Lagian my honey bukan cewe yang tipenya mau diduakan, apalagi aku juga gak mau di papagami he,,

So, sebelum berpoligami, pikirkan bagaimana rasanya kalau dirimu diduakan! Ga enak lage ...

Anonim mengatakan...

Gimana yaa, aku blm menikah tp aku di duakan oleh pacarku, ceritanya aku sebenarnya udah putus dr pacarku trus dia udah pny pacar baru. Semula keputusanku adalah merelakannya, tapi setelah beberapa bulan ternyata dia ngaku gak bisa lupain aku...dan akupun masih cinta dia. akhirnya skrg aku masih menjalin hubungan dg pacarku. Meskipun dia status masih jalan dg pacarnya. Tapi dia jujur Dan terbuka ke aku soal hubunganya itu. Dan aku jg bertahan krn ibu pacarku jg sangat sayang padaku bahkan sdh anggap aku sbg menantu. Sementara ke pacarnya dia gak respect.... :& sih :& krn harus berbagi waktu. Tp entah knp hari demi hari rasanya mulai berkurang rasa :& itu. Hubunganku terus berklanjut smp skrg. Aku nggak mikir apa kedepannya aku cuma berusaha Dan pasrah apa yg akan terjadi nanti.