Rabu, 30 Juli 2008

wHo arE tHey tO jUdgE Us...

aku keluar, dan ketika aku keluar dari pintu itu maka aku harus siap dengan segala sesuatu yang ada di luar sana, keluar dari pintu yang selama ini menyembunyikanku dari dunia ini, dunia yang selalu menghakimi. Aku melangkah ragu sambil menguatkan hatiku untuk ini,

" tuh... orang itu gitu deh jadinya, makanya klo gede jangan gaul yang macem-macem! " sayup kudengar seorang ibu menasehati anaknya. Bagaimana bisa seorang anak sekecil itu bisa memahami permasalahan seperti ini.

Hari ini kurasa panas sekali, sinar matahari seolah ingin sekali membakar kulitku yang rapuh, kulitku kini tak sekuat seperti dulu ia melindungi tubuhku. Akhirnya aku tiba disuatu tempat yang bagiku seperti sebuah ruangan pengadilan, karena disinilah keputusan akhir dimana kehidupan cintaku akan berakhir.

Aku duduk dibagian samping ruangan itu, tepat disebelah dinding dari kaca yang membatasi ruangan ini dengan udara di luar yang panas dan berpolusi dan aku bisa membebaskan pandanganku pada bagian luar ruangan ini, ruangan ini dipenuhi dengan banyak orang, mereka bersosialisasi dengan kerabat dan keluarga dengan sangat hangat sambil menyantap hidangan yang nikmat, kehangatan yang pernah aku rasakan dengan keluarga, teman dan bahkan gadisku, namun sekarang tidak ada lagi kehangatan seperti itu, makanan yang nikmat pun menjadi tawar rasa di mulutku.

Kuarahkan pandanganku keluar dinding kaca itu, kulihat sesosok tubuh yang kukenal baik bejalan mendekati ruangan ini, ya... dialah seorang gadis penghuni hatiku. Tak tahu mengapa kali ini dia kelihatan lebih cantik dari biasanya, wajahnya berseri bagai seri matahari pagi.
" Halo ganteng !!! " teriaknya itu sambil tangannya mencolek muka ku, begitulah kebiasaannya ketika berjumpa denganku, kebiasaan yang sebentar lagi tak akan bisa aku rasakan baik dengannya maupun dengan wanita lain.

" Tumben ketemuan siang-siang gini? kangen yah !" Senyum terlepas indah dibibirnya, membuat aku tak tega sedikitpun untuk melakukan sesuatu yang menghapus senyum itu dari bibirnya. " Aku pengen kita bicara serius! " bicaraku kaku, " asyik!... pasti kamu pengen melamarku atau langsung menikah aj!" canda nya sambil tertawa lepas, dia memang gadis yang ceria dan aku semakin tak sanggup memadamkan api keceriannya.

" aku mau hubungan kita berakhir sampai disini saja " sesaat bibirku kaku berucap. Kulihat matanya nanar menatapku, keceriannya berganti menjadi kekakuan.

"tapi kenapa?"
"apa yang salah?"
"aku tak mengerti, ada apa ini!" jawabnya emosi.
"aku tak mau kamu menghabiskan waktu dengan orang yang salah sepertiku, aku tak mau kamu dan anak kita kelak hidup sepertiku!" sahutku sambil pergi melangkah meninggalkannya.

Aku pergi meninggalkan gadisku, aku telah menghapus keceriaanya dan menggantikannya dengan isak tangis, orang seperti apa aku ini! gadisku begitu mencintaiku tapi aku telah tega menyakiti hatinya. Aku telah mematahkan hatinya tanpa penjelasan apapun baginya... Apa yang bisa aku jelaskan padanya? Tak ada!... bukannya orang-orang seperti aku tak layak untuk cinta dan kasih sayang seorang manusia, bahkan aku pun tak punya tempat dalam tempat dimana kaki ku sekarang berpijak.

Dan mereka, manusia-manusia itu, manusia penjilat tak tahu malu, bermuka dua atau apalah sebutannya... selalu punya dua sisi dalam kehidupannya, didepan bersimpati tetapi jika berkesempatan mereka berhujat dibelakang, who are they to judge us... berbicara bak dewa.

Tapi sudahlah... aku terima semua yang dibuatkan oleh penciptaku, tak ada kata menyesal dan sedih walapun aku dan virus itu telah menyatu...
Read More..

Selasa, 29 Juli 2008

Menikah Dengan Mayat ?

Dalam film " karma " disebutkan ada sebuah adat istiadat etnik tionghoa kuno disebut Ming Huang ( klo ga salah tulisannya yah.. ). Adat Ming Huang ini adalah adat pernikahan yang memperbolehkan seseorang menikah dengan orang yang sudah mati tapi dengan syarat pernikahan ini tidak boleh diketahui siapapun diluar pihak keluarga dekat (menurut cerita di Film " karma ").

Gw penasaran mengenai adat ini, terus gw cari lebih lanjut di internet nggak ada sedikitpun penjelasan soal ini, yang didapatkan memang ada cerita ( ga jelas settingan tempat dan waktunya ) seorang lelaki miskin yang mencintai seorang gadis kaya... dan ketika akan menikah gadis ini tiba-tiba meninggal karena suatu penyakit, dan karena begitu besar cinta lelaki ini sampai-sampai ia rela menikah dengan mayat kekasihnya...

Ga bisa diketahui pasti apa ini benar adat istiadat kuno etnik tionghoa ataupun ini cuman bentuk cinta yang besar dari lelaki itu, sampai sekarang aku ga nemuin clue apapun soal fakta ini. Tapi kalau benar ada adat istiadat seperti ini di etnik tersebut ngeri juga yah... >,<
Read More..

Senin, 28 Juli 2008

" Karma " Ethnic Horror...

Film indonesia terbaru, bergenre horror thriller dan sudah ditayangkan sejak kamis, 24 Juli 2008 kemaren...


Film ini bercerita tentang Sandra ( Dominique ) yang hamil diluar nikah dengan Armand salah satu keturunan keluarga guan. Sebuah keluarga yang misterius dimana setiap isteri di kelurga itu meninggal saat keadaan hamil ataupun saat mengandung anak pertama. Penolakan didapatkan oleh sandra saat pertama kali datang di keluarga ini...

Selama sandra tinggal di rumah keluarga guan, dia selalu mendapatkan terror dari hantu berjubah merah, tetapi karena rasa cintanya terhadap suaminya sandra tetap bersekeras tinggal di rumah ini walaupun dengan rasa takut. Pelan-pelan sandra mendapatkan banyak informasi mengenai misteri keluarga guan ini sehingga ia memutuskan untuk menguak misteri ini walaupun ia tahu, bahwa dialah korban hantu berjubah merah itu berikutnya...

Film ini memberikan nuansa segar dalam perkembangan perfilman genre horror, karena menyangkut budaya ethnik tionghoa di Indonesia.

Notes :
Bagian awal sedikit membosankan, dengan dialog2 yang terasa kaku ( entah penulisan naskah yang kurang baik atau acting dari pemainnya ). Nuansa ethnic nya kurang ditonjolkan mungkin karena setting kejadian pada masa modern ( tp bukannya pada masa modern para athnic tionghoa masih kental bukan kebudayaanya? ). Pada bagian awal ke tengah cerita sudah bisa ditebak mau kemana, tapi pada bagian tengah ke akhir banyak kejutan-kejutan yang tak terduga tentang bagaimana misteri ini diselesaikan. pemilihan cast yang tepat untuk pemain yang berwajah ethnic seperti Dominoque Agisca, HIM Damsyik dan lain2.

Bagian terbagus dari film ini adalah bagian scoring atau musicnya, ditata sangat bagus oleh aksan Sjuman...
Well its recomanded for u to watch... walaupun film nya not really believeable dan ga menyentuh-menyentuh amat tapi budaya-budaya ethnic tionghoa Indonesia sedikit banyak perlu kita ketahui dalam film ini...
Read More..

Kamis, 24 Juli 2008

dOn+ fOrGet, " gIvEs BaCk... "

Akhir-akhir ini mulai seneng liat-liat iklan di tv, mulai banyak iklan2 di tv yang nggak hanya melulu " ngecap " soal produknya tapi mereka memberikan " real donation for better indonesia ". Setelah Pepsodent dengan program " senyum Indonesia, senyum pepsodent " sekarang giliran produk Kuku Bima Energi dan Tolak Angin, menghadirkan program " Laskar Mandiri ".

Mereka mengapresiasi pedagang jalanan, pengamen, penjual jamu keliling, pemungut sampah dan pekerjaan2 sektor informal lainnya yang termarginalkan. Diawali dengan berbagai kegiatan sosial yang dilakukan di beberapa kota di Indonesia. Produk ini berhasil memberikan tottaly gives back for us.

Walaupun masih kurang jelas bagaimana produk ini mengapresiasi para tenaga informal ini, tapi ini sudah merupakan suatu penghargaan yang sangat besar bagi para " pegawai jalanan " yang selama ini merasa tidak di hargai keberadaannya dan bahkan dianggap sebagai pengganggu, tetapi kehadiran mereka juga merupakan suatu keragaman indonesia, karena mereka juga merupakan bagian dari masyarakat Indonesia itu sendiri.

Langkah-langkah seperti ini lah yang semestinya banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahhan besar di Indonesia, untuk keuntungan besar yang selama ini mereka dapatkan tidak ada salahnya untuk " give back for better indonesia ". We really appriciated what this product do to give a real contribution....

thank you Kuku Bima energy dan tolak angin for helpin' us....
Read More..

Sabtu, 19 Juli 2008

sTop tHe drAma's !!!

Drama Again !!! please we need a good solution for indonesia not a dramatical politics..

Sekali lagi drama politik ditunjukkan pada masa kampanye tahun ini, setelah drama perpecahan dan perebutan nomor partai PKB antara PKB versi gusdur dan PKB versi muhaimin iskandar, sekarang drama ditunjukan kembali oleh partai baru yaitu Partai Pemuda Indonesia ( PPI ) yang bergabung dengan DPD dan partai baru lainnya mengajukan Judicial review ( Peninjauan kembali ) terhadap UU no 12 tahun 2008 tentang pemilu kepada Mahkamah Agung.

Partai Pemuda Indonesia berpendapat bahwa UU no 12 tahun 2008 tersebut bertentangan dengan UUD 1945 tentang kebebasan dalam berpolitik bagi warga Indonesia, karena dalam UU pemilu 2008 pemerintah membatasi usia calon gubernur / wakil gubernur diatas 30 tahun dan 25 tahun keatas untuk walikota. Pihak PPI beranggapan bahwa hal itu membatasi kebebasan berpolitik pemuda, mereka menuntut MK untuk menghapuskan batasan umur bagi calon pilihan pada pemilu 2009, mereka menilai bahwa semua umur dapat terjun ke dunia politik, bahkan dalam partai pemuda indonesia terdapat kader-kader pada usia 17 tahun yang mereka anggap cocok untuk maju dalam pencalonan gubernur, walikota bahkan presiden ( dikutip dari perwakilan PPI dalam diskusi " Apa kabar Indonesia " tvone pertanggal 18/07 2008 ).

Jika Judicial Review ini disetujui oleh MK, maka bisa dibayangkan jika partai ini mendapat suara maka pemerintahan mendatang bisa saja diisi oleh anak-anak usia belasan tahun, sangat tidak bisa dibayangkan apa yang terjadi jika negara ini di pimpin seorang muda yang sangat labil.

Perlu direnungkan apakah motivasi PPI untuk mengangkat orang muda dalam pemerintahan merupakan usahanya untuk memperbarui indonesia dengan pemikiran-pemikiran baru atau hanya usaha memperoleh suara anak muda pada pemilu 2009 mendatang. Stop the drama's, we are very tired with a drama's...
Read More..

Senin, 14 Juli 2008

Kampanye Pemilu 2009 ( MaKe a GrEEn cAmpAign )

Dikutip dari pernyataan KPU dalam situs resmi depkominfo bahwa masa kampanye Pemilu 2009 berlangsung dalam 3 hari setelah penetapan nomor peserta partai pemilu, sehingga dapat diringkas secara singkat, masa kampanye peserta pemilu 2009 dilakukan 8 Juli 2008 s/d 2 April 2009 selama 9 bulan.

Yang bikin perhatian gw, kenapa masa kampanye musti sepanjang itu?. Selama ini kampanye pemilu di indonesia selalu indentik dengan suasana hiruk-pikuk massa yang berorasi melakukan long march dan kerumunan pendukung partai yang memadati suatu daerah tertentu, sudah bisa dibayangkan kegiatan itu dilakukan di tiap hari dan sepanjang tahun ini.... Beberapa kota besar pada keadaan normal saja, macet merupakan keadaan yang biasa tiap harinya dan bisa dipastikan macet aku bertambah parah apabila disertai kampanye para partai politik dan itu bisa saja terjadi dalam 9 bulan kedepan dan terjadi bisa saja tiap hari. Selain kemacetan, polusi bisa dipastikan bertambah besar dalam setahun kedepan dan dapat pula dipastikan upaya pemerintah dalam penghematan energi akan kacau karena hal ini, bagaimana tidak jika untuk berkampanye para partai politik melakukan long march, turun ke jalan-jalan ( berpawai keliling kota ) mereka menggunakan kendaraan berbahan bakar dengan segala polusi udara yang dihasilkan belum lagi sampah-sampah yang dihasilkan dari kampanye - kampanye tersebut.

Untuk itu, hendaklah para partai politik peserta pemilu 2009 yang terhormat, buat lah sebuah kampanye yang ramah lingkungan ( Nah lo.... sekarang bukan teknologi aj yang ramah lingkungan ), buatlah kampanye yang mendidik masyarakat, kampanye jangan cuman mengumbar kesenangan sesaat dan janji-janji politik ( janji2 politik merupakan omong kosong biasa ). Beberapa Green Campaign yang bisa dilakukan adalah pendekatan mahasiswa dengan mengadakan dialog-dialog khusus, program2 layanan masyarakat ( penanaman pohon bersama, pengasapan DBD, penyuluhan kebersihan lingkungan dll ). Dan kampanye-kampanye lainnya yang hemat energi dan mendidik.

Hendak nya ini juga menjadi pertimbangan bagi masyarakat para pemilih, jangan tertipu oleh janji2 politik, pilih parpol yang memberikan efek2 positif terhadap lingkungan sekitar and use your voice effectively....

mAke A gReen cAmpaIgn n peace out.... ^^


Read More..

Senin, 07 Juli 2008

sTop wOmEn TraffiCkiNg !!!

Aku terdiam, karena itulah saat-saat merdekaku, karena sesudah aku berdiam aku hanyalah seseorang bak robot, tak merasakan emosi apapun. Tubuhku bagai mesin yang terus bekerja untuk sesuatu yang tak ku inginkan.


Tak bisa kubayangkan aku dipaksa berpisah dengan keluarga dan orang-orang yang kusayangi pada umur yang masih belia, umur dimana aku seharusnya bermain dengan teman sebayaku. Aku harus merelakan tubuhku dinikmati oleh pejantan-pejantan itu.


Sudahlah lupakan saja, sudah tidak ad pilihan lagi bagi orang seperti kita!, Nikmati sajalah keadaan ini. “


kata-kata itulah yang selalu teringat di kepalaku. Kata yang mendorong aku untuk membuat pilihan bagi diriku, tapi aku sudah tidak bisa membuat pilihan itu lagi, sudah terlambat. Kemudaanku membuat aku terlalu bodoh untuk menolak semua ini, Hidupku gamang, hidup yang kumiliki sudah direnggut dariku, hidup yang aku jalani bukan hidupku lagi.

Karena aku sudah dijual.... !!! “.

Read More..